Pengembangan Keterampilan Bahasa Melalui Metode Bernyanyi pada Anak Usia Dini Kelompok B TK PGRI Bincarung

Authors

  • Wida Wargiati Solihah STITNU Al-Farabi Pangandaran

DOI:

https://doi.org/10.62515/eduhappiness.v4i1.584

Keywords:

Language Skills, Singing Methods, Early Childhood

Abstract

This study aims to describe how the development of language skills through the singing method in early childhood group B TK PGRI Bincarung. This research method is descriptive qualitative research. Data collection techniques used include observation techniques, in-depth interviews and documentation. The data analysis used is reviewing all data through: data reduction, data display and conclusion drawing. While the data validity checking technique uses triangualization of sources and techniques. The results of the study found that empirically the singing method was proven to help optimize the intelligence of early childhood language skills. This is because the singing method makes children feel happy, excited, and focused on the learning material provided by the teacher. Thus, learning while playing and singing is the key to successful PAUD learning

 

References

Agus, A.H. dkk. (2022) Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Anak Usia Dini. Jurnal Palapa Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan Universitas Nurul Jadid Probolinggo Vol 10 No. 1. Probolinggo.

Al Jawi, M. S. (2022). Hukum Menyanyi Dan Musik Dalam Fiqih Islam. NUOnline:Seruanmasjid.com.

Amalia, E. R. (2018). Mengasah Keterampilan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bernyanyi. Aulada Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak Vol 1.No. 1. Mojok-erto.

Anggito, A. & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak. Sukabumi.

Anisah, S. dan Kalam, S.H. (2021). Penerapan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Ke-mampuan Berbicara Anak Usia Dini Pada Kelompok A di RA Assanuusiyyah. Jurnal Ceria, Vol 4 No. 4. Cimahi.

Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Badriah, S. (2014). Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Peningkatan Kosakata Bahasa Arab Pada Anak TPQ Wardatul Ishlah Merjosari Malang. Skripsi Fakultas Psikologi universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Malang.

Demawati. (2018). Perkembangan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Di TK Islam Nurhasanan Kec. Suka Bumi Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Lampung.

Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan Kementrian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Rebuplik Indonesia. Permendikbud Nomor 5 Tahun 2022.

Djamarah, S.B., dan Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar, Renika Cipta. Jakarta.

Ernawati, E. (2018). Meningkatkan Kedisiplinan Anak Melalui Penggunaan Reinforcemen variatif pada anak kelompok B1 TK Negeri Pembina. Jurnal Ilmiah Potensia. Volume.3 Nomor 1.

Fadilah, M. ( 2014). Edutaiment Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana. Jakarta.

Feniwati, F. , dan Yeni, I., (2020). Peningkatan Perbendaharaan Kosa Kata Anak Melalui Bernyanyi Di Taman Kanak-Kanak, JFAC: Journal of Family, Adult, and Early Chilhood Education, 2

Friantary, H. (2020). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jurnal Zuriah Pendidi-kan Anak Usia Dini, Vol1 No. 2. Bengkulu.

Gardner, Howard. (2002). Multiple Intelligence – Kecerdasan Majemuk. Jakarta: In-teraksara.

Guntur, M, M.Pd., dkk. (2023). Pengembangan Bahasa Pada Aak Usia Dini. Sekat Media Patners. Yogyakarta.

Hasilah, Y. (2019). Meningkatkan Kosa Kata Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi Di Kelompok B di TK Khazanah Kid’s School Kota Sepang Raya Bandar Lampung. Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Lampung.

Herniti, E. (2015) Bahasa dan Agama. Jurnal Lingua Humaniora, Vol.9. Yogyakarta.

Hidayat, Y. dan Dewi, NR. (2023). Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Kecakapan Berbahasa Anak Usia Dini. Jurnal STAI Putra Galuh Ciamis Vol 7 No. 1. Ciamis.

Irana, F. (2017). Metode Penelitian Terapan. Penerbit Parana Ilmu, 2017. Yogyakarta.

Ismawati, E. dan Umaya, F. (2017). Belajar Bahasa Di Kelas Awal. Penerbit Ombak. Yog-yakarta.

John, O. M. (2002). Nurturing Your Child With Music. PT Gramedia Pusataka Utama. Jakar-ta.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Penulis. Jakrta, DKI.

Lado, E.H. (2022). Pengertian Bahasa, Peran dan Fungsi Bahasa Secra Umum Di Masyarakat. Tirto.Id.

Laily, E. U. (2022). Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bernyanyi. Skripsi: Program Studi Pendidikan Anak Islam Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah. Jakar-ta.

Lenneberg, Eric. (1969). On Explaining Language and the Critical Period: Some New Evi-dence.

Masitoh, dkk. (2009). Strategi Pembelajaran TK. Surakarta: Universitas Terbuka.

Moleong, L.J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Mustari, M. (2014). Manajemen Pendidikan. Penerbit PT Raja Grafindo. Jakarta.

Mustofa dan Ilahi, N. (2023). Metode Pembelajaran dalam pendidikan Islam. Tarqiyatuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 2.

Neolaka, A. (2014). Metode Penelitian dan Statistik. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Noermanzah. (2019). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Bengkulu: Jurnal Progra Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, universi-tas Bengkulu. Bengkulu.

Peraturan Mentri PendidikanKebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia No-mor 8 Tahun 2024.

Qinqorinatul’ilyya. (2022). Penggunaan Bahasa Arab Dan Bahasa Inggris dalam meningkatkan keterampilan Berbahasa Santri Pondok Pesantren Anwarul Haro-main Trenggalek. Skripsi Program Studi Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAIN) Kediri. Kediri.

Rasyid, F. (2010). Cerdaskan Anakmu Dengan Musik. Diva Press. Yogyakarta.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran. Kencana. Jakarta.

Sari, D. A. (2012). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dengan Metode Bern-yanyi Pada Anak Kelompok A TK Santa Anna Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Sura-karta.

Setyawan, D. Seni Musik dan Lagu AUD (Anak Usia Dini), DIKTAT.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.

Suhartono, S. (2008). Wawasan Pendidikan: Sebuah Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzzmedia.

Supriyadi, Manfaat Metode Bernyanyi, 2003.

Suryadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Susilawati. (2014). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Kecerdasan Ba-hasa Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Empowerment, Vol 4 No. 2.

Tafsir, A. (2003). Metodologi Pengajaran Agama Islam, Cet. Ke-7. PT Remaja Osdakarya Offset. Bandung.

Tajiah, J. dan Candra, A.W. (2020). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode Bernyanyi Pada Kelompok A di TK Al-Muawanah. Jural: Ceria, vol. 3 no. 5. Hlm. 481-487.

Trianto. (2013). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, (2005). SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003, Yogyakarta Dharma Bakti. Yogyakarta.

Yanti, K. (2011). Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak Melalui Berbicara Dengan Media Big Book. Jurnal FTKIP PG PAUD Universitas Negeri Surabaya, Vol 1 No l. Su-rabaya.

Zubaidah, E. (2004). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Teknik Pengembangann-ya Di Sekolah. Cakrawala Pendidikan. Pendidikan Dasar Dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Solihah, W. W. . (2025). Pengembangan Keterampilan Bahasa Melalui Metode Bernyanyi pada Anak Usia Dini Kelompok B TK PGRI Bincarung . Edu Happiness: Jurnal Ilmiah Perkembangan Anak Usia Dini, 4(1), 26–42. https://doi.org/10.62515/eduhappiness.v4i1.584

Issue

Section

Articles