Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Aksara dengan Metode Tanya Jawab dan Media Pembelajaran Loose Part pada Kelompok B
DOI:
https://doi.org/10.62515/eduhappiness.v3i2.445Keywords:
Recognizing Alphabet Letters, Loose Part LearningAbstract
Tujuan penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan mengenal aksara alfabet dengan menggunakan metode tanya jawab dan menggunakan media pembelajaran loose part di TK Sejahtera. Lokasi Penelitian di Dusun Bangunsari, RT 02 RW 01 Desa Karangkamiri Kecematan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran. Subjek penelitian berjumlah 20 (dua puluh) peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas pada Pra-Siklus, 10 dari 20 peserta didik mulai berkembang (MB) sebesar 50%, 6 dari 20 peserta didik berkembang sesuai harapan (BSH) sebesar 30%, dan 4 dari 20 peserta didik berkembang sangat baik (BSH) sebesar 20%. Hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I, 8 dari 20 peserta didik mulai berkembang (MB) sebesar 40%, 7 dari 20 peserta didik berkembang sesuai harapan (BSH) sebesar 35%, dan 5 dari 20 peserta didik berkembang sangat baik (BSH) sebesar 25%. Hasil penelitian tindakan kelas pada siklus II, 5 dari 20 peserta didik mulai berkembang (MB) sebesar 25%, 9 dari 20 peserta didik berkembang sesuai harapan (BSH) sebesar 45%, dan 6 dari 20 peserta didik berkembang sangat baik (BSH) sebesar 30%. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukan adanya peningkatan kemampuan mengenal aksara alfabet dengan metode tanya jawab menggunakan media pembelajaran loose part pada Kelompok B TK Sejahtera.
References
Alam Siregar, Rusti. 2019. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata” Jurnal Literasiologi Jambi: Universitas Islam Negeri Jambi. Vol.2, No.1 DOI: https://doi.org/10.47783/literasiologi.v2i1.22
Euis Siti Badriyah, Hibana, Mukhamad Hamid Samiaji. 2022. “Penggunaan Media Loose Part Dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Usia Dini”, Jurnal Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, Vol. 1 No. Yogyakarta: UIN Kalijaga Yogyakarta. https://jurnal.unupurwokerto.ac.id/index.php/tumbang/article/view/104
Hidayah Firdaus, Putri. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal P-ISSN. 2527-4325 E-ISSN. 2580-7412. Volume 2, Nomor 2, Maret 2019. DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5313
Indra Nanda, Dkk., 2021. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif. Indramayu : CV. Adanu Abimata; 2020.
Lailatul Fitriyah, Aina. 2013. “Pengenalan Huruf Melalui Media Loose Part”. Purwokerto: IKA STAIN Purwokerto.
Nurul Qomariah, Dede. Dkk, Implementasi Mengenalkan Huruf Al-Qur’an dengan Media Bermain Flashcard Di TAAM Darul Huda. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa Vol.2, No.2 Mei 2023. DOI: https://doi.org/10.58192/insdun.v2i2.781
Patmonodewo, Soemiarti. Pendidikan anak pra sekolah. Jakarta: Rineka Cipta; 2008.
Tri Daen Damerta, Sri Wahyuni, Darliana Sormin, Jumaita Nopriani Lubis. Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Mengenal Huruf Melalui Media Loose Part Di Kelas B Tk Sadar Bakti Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Volume 1 Issue 2 (2023) Pages 81-91 DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ipj.v1i2.14790
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jenal Abidin, Sasty Aryanti, Santi Widayanti, Komariah, Sandri Dayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.