Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Aksara dengan Metode Tanya Jawab dan Media Pembelajaran Loose Part pada Kelompok B

Authors

  • Jenal Abidin STITNU Al-Farabi Pangandaran
  • Sasty Aryanti STITNU Al-Farabi Pangandaran
  • Santi Widayanti STITNU Al-Farabi Pangandaran
  • Komariah Komariah STITNU Al-Farabi Pangandaran
  • Sandri Dayani STITNU Al-Farabi Pangandaran

DOI:

https://doi.org/10.62515/eduhappiness.v3i2.445

Keywords:

Recognizing Alphabet Letters, Loose Part Learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan mengenal aksara alfabet dengan menggunakan metode tanya jawab dan menggunakan media pembelajaran loose part di TK Sejahtera. Lokasi Penelitian di Dusun Bangunsari, RT 02 RW 01 Desa Karangkamiri Kecematan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran. Subjek penelitian berjumlah 20 (dua puluh) peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas pada Pra-Siklus, 10 dari 20 peserta didik mulai berkembang (MB) sebesar 50%, 6 dari 20 peserta didik berkembang sesuai harapan (BSH) sebesar 30%, dan 4 dari 20 peserta didik berkembang sangat baik (BSH) sebesar 20%. Hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I, 8 dari 20 peserta didik mulai berkembang (MB) sebesar 40%, 7 dari 20 peserta didik berkembang sesuai harapan (BSH) sebesar 35%, dan 5 dari 20 peserta didik berkembang sangat baik (BSH) sebesar 25%. Hasil penelitian tindakan kelas pada siklus II, 5 dari 20 peserta didik mulai berkembang (MB) sebesar 25%, 9 dari 20 peserta didik berkembang sesuai harapan (BSH) sebesar 45%, dan 6 dari 20 peserta didik berkembang sangat baik (BSH) sebesar 30%. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukan adanya peningkatan kemampuan mengenal aksara alfabet dengan metode tanya jawab menggunakan media pembelajaran loose part pada Kelompok B TK Sejahtera.

References

Alam Siregar, Rusti. 2019. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata” Jurnal Literasiologi Jambi: Universitas Islam Negeri Jambi. Vol.2, No.1 DOI: https://doi.org/10.47783/literasiologi.v2i1.22

Euis Siti Badriyah, Hibana, Mukhamad Hamid Samiaji. 2022. “Penggunaan Media Loose Part Dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Usia Dini”, Jurnal Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, Vol. 1 No. Yogyakarta: UIN Kalijaga Yogyakarta. https://jurnal.unupurwokerto.ac.id/index.php/tumbang/article/view/104

Hidayah Firdaus, Putri. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal P-ISSN. 2527-4325 E-ISSN. 2580-7412. Volume 2, Nomor 2, Maret 2019. DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5313

Indra Nanda, Dkk., 2021. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif. Indramayu : CV. Adanu Abimata; 2020.

Lailatul Fitriyah, Aina. 2013. “Pengenalan Huruf Melalui Media Loose Part”. Purwokerto: IKA STAIN Purwokerto.

Nurul Qomariah, Dede. Dkk, Implementasi Mengenalkan Huruf Al-Qur’an dengan Media Bermain Flashcard Di TAAM Darul Huda. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa Vol.2, No.2 Mei 2023. DOI: https://doi.org/10.58192/insdun.v2i2.781

Patmonodewo, Soemiarti. Pendidikan anak pra sekolah. Jakarta: Rineka Cipta; 2008.

Tri Daen Damerta, Sri Wahyuni, Darliana Sormin, Jumaita Nopriani Lubis. Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Mengenal Huruf Melalui Media Loose Part Di Kelas B Tk Sadar Bakti Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Volume 1 Issue 2 (2023) Pages 81-91 DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ipj.v1i2.14790

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Abidin, J., Aryanti, S. ., Widayanti, S., Komariah, K., & Dayani, S. . (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Aksara dengan Metode Tanya Jawab dan Media Pembelajaran Loose Part pada Kelompok B. Edu Happiness: Jurnal Ilmiah Perkembangan Anak Usia Dini, 3(2), 126–145. https://doi.org/10.62515/eduhappiness.v3i2.445

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)